Info Penyakit : Ketombe

Ketombe pada kulit kepala
Ketombe pada kulit kepala


Apa Itu Ketombe ?

Ketombe adalah suatu kondisi metabolic alami yang ditandai dengan adanya serpihan-serpihan sel-sel kulit mati dalam jumlah berlebihan di kulit kepala. serpihan-serpihan ketombe ini berwarna perak keabu-abuan dan terlepas sepenuhnya dari kulit kepala atau baru terlepas telah dilakukan penyisiran rambut. kondisi ini dapat disertai rasa gatal akibat kondisi kulit kepala yang terlalu kering. ketombe biasanya terjadi di seluruh bagian kepala yang ditumbuhi rambut kecuali bagian yang mengalami kebotakan, jadi ketombe tidak sama dengan dermatitis seboroik yang biasanya ditandai dengan serpihan-serpihan menyerupai ketombe tetapi berwarna kekuningan, berminyak, dan kulit kepala berwarna kemerahan. pada dermatitis seboroik proses pergantian sel-sel kulit menjadi lebih cepat dua kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal.

Terapi Pengobatan Ketombe

  • Pemberian obat topikal yang mengandung kortikosteroid dosis rendah seperti hidrokortison 0,5% dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan pada kulit. walaupun obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter tetapi penggunaannya harus tepat dan harus dihentikan bila rasa gatal dan kemerahan pada kulit mulai mereda, dan juga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan dalam waktu lama. 
  • Keramaslah setiap hari untuk menyingkirkan kelebihan minyak pada kulit kepala, gunakan shampoo anti ketombe yang bersifat ringan. jika shampoo anti ketombe biasa tidak mempan ganti dengan sampo lainnya ganti dengan merek sampo lainnya secara berkala untuk menghindari terjadinya kekebalan organisme penyebab ketombe terhadap shampoo tersebut.
  • Jangan menggunakan produk kosmetik untuk rambut seperti gel rambut, hair spray, produk-produk semacam ini dapat membuat kondisi rambut dan kulit kepala mudah terinfeksi jamur.
  • Biarkan rambut kering secara alami sehabis di keramas sisir rambut dengan sisir sikat yang berbulu halus. cara paling efektif untuk menyisir rambut yaitu dengan menundukkan kepala lalu rambut disisir dari arah belakang leher ke ujung kepala.
  • Melakukan pemijatan seluruh kulit kepala dengan jari-jari tangan untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah, menyingkirkan serpihan-serpihan kulit kepala, dan merangsang pertumbuhan rambut.
  • Terapi dengan pemberian zat Menthol pada kulit kepala dapat membantu meredakan gejala gatal-gatal pada kulit kepala dan produksi ketombe.
  • Gunakan air jeruk lemon sebanyak 1 sendok teh untuk membilas rambut terakhir kali sesudah di keramas. air jeruk bermanfaat untuk menyingkirkan dan mencegah ketombe. cara lain yaitu menambahkan cuka ke dalam air bilasan terakhir untuk rambut sehabis di keramas.
  • Untuk membantu mengatasi ketombe makan banyak buah dan sayuran, batasi konsumsi gula dan alkohol, makanan jenis ini dapat merangsang pertumbuhan jamur penyebab ketombe. hindari konsumsi kopi atau teh yang kental makanan asin makanan olahan dan makanan kaleng

0 Response to "Info Penyakit : Ketombe"

Post a Comment